Tujuan dari blog ini adalah untuk mengumpulkan beberapa referensi yang menurut akan sedikit membantu seperti dalam hal download lagu, software. karna banyak situs yang memberikan referensi tp membuat user menjadi bingung karna ketika ingin melakukan download menjadi proses yang sangat panjang dan ribet. blog saya akan berusaha mencarikan referensi yang lebih simple untuk anda dalam melakukan download.silahkan klik menu download diatas

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Jurnal Pada Era Komputer

| Rabu, 01 Juli 2009
Catatan yang bernama jurnal ini, ternyata tidak dapat digusur seperti saudaranya yang bernama buku harian dan buku besar oleh kecanggihan system pada zaman computer ini, bahkan dia yang menjadi sangat dominan dalam sistem kendali dan suplai informasi baik informasi yang bersifat kronologis maupun informasi yang bersifat sistematis. Jurnal adalah pekerja tunggal sebagai tempat penyimpanan informasi perincian buku besar, dan dengan jurnal, angka akhir setiap buku besar selalu diperbaharui (updating). Jadi dalam era computer ini buku besar sebagai kumpulan catatan sistematis sudah tidak ada lagi, namun buku besar sebagai pencatat jumlah hingga saat transaksi terakhir masih ada. Namanya oleh sebagian orang disebut master, dan ada juga yang menyebut tabel. Dalam era computer ini cara mengerjakan jurnal juga mengalami pembaharuan dan penyederhanaan, dari system single entry kepada system duble entry. Pengertian single entry dan duble entry dalam proses record computer semata-mata hanya menyangkut cara memasukkan data saja, sedangkan prinsip system pembukuannya (akuntansinya) adalah tetap duble entry. Yang dimaksud dengan sistem single entry dalam proses record computer adalah bahwa setiap record hanya mencatat satu sisi perkiraan (account) saja, seumpama debet saja, sedangkan untuk perkiraan lawannya dicatat pada record berikutnya. Sebagai contoh , untuk transaksi pembayaran ongkos gaji per kas, menurut system record single entry dibukukan dalam dua record sebagai berikut :

Tanggal=== Bukti=== Keterangan=== No.perk=== D/K==== jumlah
28/01/93===K0001 01==== Gaji======== 31033======D==== 750.000
28/01/93===K0001 02===U/Gaji======= 11033======K==== 750.000
Keterangan :
31033 (perkiraan gaji karyawan)
11033 (perkiraan kas)

Jadi setiap ada transaksi, menurut system record computer yang menggunakan prinsip single entry harus dicatat sekurang-kurangnya dalam 2 (dua) record. Sedangkan yang dimaksud dengan system record duble entry dalam proses pencatatan computer adalah masukkan dua sisi perkiraan yang berlawanan dalam satu record dengan satu jumlah nilai uang. Missal untuk transaksi di atas dibukukan hanya dalam satu record dengan cara sebagai berikut :

Tanggal==== Bukti==== Keterangan====Debet==== Kredit==== jumlah
28/01/93==== K0001 01== Gaji per-kas===== 31033=====11033===== 750.000

Dengan cara demikian dapat dibayangkan betapa besar penghematan pemakaian memory computer untuk mencatat transaksi perusahaan. Penghematan pemakaian memory computer sangat mempengaruhi pada kecepatan akses dan biaya konfigurasi hardware serta penyimpanan data. System GL2000 adalah merupakan pembaharuan dalam system kerja jurnal oleh computer, dari system single entry kepada system duble entry. Multi demensi, untuk menghitung dan memperbaharui saldo laba tahun berjalan dan sisa laba hingga saat pencatatan terakhir. Dengan demikian informasi terakhir perusahaan dapat disajikan dengan cepat. Sebagai hasil pembaharuan yang mempunyai efek akselerasi pada total system.
Djauhari S.

0 comments:


Search Engine Optimization and SEO Tools
Free Web Monitoring: Your Free Web Site Monitoring Service
Website counter